Wednesday, September 21, 2011

Jadikan UN sebagai Tantangan

0 comments

Kunci sukses lulus ujian nasional adalah selalu belajar dan berlatih soal. Sebab, semakin banyak latihan, soal ujian negara nggak bakalan jadi beban tapi justru jadi tantangan yang harus dilewati.

"Rajin latihan soal akan akan membentuk mental positif. UN gak akan jadi momok tapi jadi tantangan untuk maju menggapai cita-cita," jelas Bapak Mahmudi Arif Dahlan, Direktur Ganesha Bandung.

Materi ujian nasional dibentuk sedemikian rupa agar siswa bisa menjawabnya. Jadi setiap siswa mampu mengikuti UN dan lulus. "Jadi, tergantung bagaimana siswa belajar dan berlatih menghadapi UN," ungkapnya.

Salah satu cara berlatih adalah rajin ikutan try out. Keberadaan try out mampu membantu suksesnya UN. "Akan ada perbedaan antara yang ikut try out dengan yang tidak. Jika rajin ikutan try out biasanya lebih pede dibanding yang sama sekali tak pernah ikutan try out," katanya.

Dengan ikutan try out, youngsters juga bakal bisa mempelajari banyak materi dan pengetahuan. Berbagai bentuk soal bisa ditemui. Nah, di situ akan terjadi proses belajar. Setelah rajin mengikuti try out, siswa akan mengetahui letak kelemahan mereka. Misalnya, seorang siswa kedodoran pada mata pelajaran matematika, maka yang difokuskan adalah bidang tersebut.

"Bahas kekurangan kamu dengan guru di sekolah atau tentor di tempat bimbingan belajar. Guru maupun tentor akan memberikan solusi yang terbaik menghadapi kelemahan," katanya. Proses pembelajaran untuk menghadapi UN bukan proses sebentar tapi merupakan proses yang dimulai sejak kamu masuk kelas satu SMP mau pun SMA.

Oleh sebab itu, pastikan youngster harus mempersiapkan segala sesuatunya sejak dini. Semakin matang persiapan tersebut, maka hasilnya pun akan berbeda dibandingkan tanpa persiapan sama sekali. So selagi masih ada waktu mempersiapkan segalanya, kenapa tidak kita gunakan dengan sebaik-baiknya.

Related Articles:

Leave a Reply

Arsip Website

 
UN SD © 2011 - 2016 Schools Directory & World Sharings. Supported by Info Online

Thanks for All friends