Wednesday, September 21, 2011

Sekolah yang Menggelar UN 2 kali

0 comments

Penguasaan teknologi dan bahasa Inggris menjadi salah satu kunci dalam menghadapi persaingan global dunia. Karenanya, baik teknologi maupun bahasa Inggris menjadi fokus utama SMP Negeri 6 Batam dalam mendidik siswanya.

Hal tersebut sekaligus disejalankan dengan status sekolah ini yang sudah menyandang predikat sebagai Rintisan Sekolah Berstandar Internasional (RSBI). Tak hanya itu, memasuki tahun keempat, sekolah ini mulai memberlakukan semua kelas masuk dalam standar RSBI.

Menurut Rizal Ramadhani, Wakil kesiswaan SMP Negeri 6 Batam, sekolah ini memiliki nilai plus yaitu kurikulum nasional yang dipadukan kurikulum internasional.

"Dengan kurikulum plus ini, anak didik kami pun memiliki pengetahuan bahasa Inggris dan teknologi informasi. Kedua hal tersebut merupakan bekal mereka bersaing di dunia global," ujar Rizal Ramadhani.

Sebagai sekolah RSBI, sekolah yang terletak di jalan Laksamana Bintan, Sei Panas ini memberlakukan sistem pelajaran bilingual alias pengajaran dua bahasa yaitu Bahasa Inggris dan Indonesia.

"Pelajaran bilingual ini berlaku untuk mata pelajaran Fisika, Matematika, Biologi dan bahasa Inggris," ungkap Rizal Ramadhani. Tahun 2010, SMP 6 Batam memberlakukan hanya enam kelas yang masuk standar RSBI, namun untuk tahun 2011 semua lokal yang berjumlah tujuh kelas menggunakan standar RSBI.

Rizal menjelaskan, SMP 6 Batam memiliki fasilitas teknologi yang mendukung pembelajaran standar RSBI seperti hotspot internet dan infokus. "Dengan adanya teknologi ini belajar siswa dapat lebih menarik. Misalnya saja dengan infokus siswa pun dapat lebih mendetail dalam menerima informasi. Belajar secara diskusi ini pun akan memacu siswa mencari data di internet, kemandirian pun dapat dibentuk," tuturnya.

Nah, salah satu keuntungan sekolah RSBI, setiap semester diberlakukan ujian nasional untuk kelas satu, dua dan tiga. Pemantapan pun dilakukan selama dua jam setelah pulang sekolah.

"Ujian nasional diikuti sekolah RSBI se-Indonesia. Misalnya saja tanggal 11 Mei mendatang kami akan menyelengarakan UN. Semester lalu SMP 6 Batam berada di ranking 17 dari 120 sekolah RSBI," jelasnya.

Dengan adanya UN ini, siswa diharapkan tak perlu takut lagi dalam menghadapi UN karena sudah terbiasa. Selain itu, SMP 6 Batam memiliki berbagai fasilitas seperti laboratorium bahasa, laboratorium komputer, lapangan olahraga, AC dan Loker.

Jadi tak salah dong dengan segudang fasilitas yang diberikan, siswa-siswa pun terpacu untuk berprestasi. Sederet prestasi yang telah diraih seperti Cerdas Cermat, Pramuka, PMR, IT, Siswa Berprestasi, Story Telling dan banyak lagi.

Related Articles:

Leave a Reply

Arsip Website

 
UN SD © 2011 - 2016 Schools Directory & World Sharings. Supported by Info Online

Thanks for All friends