Monday, January 30, 2012

Mendiknas Nuh: UN Juga Punya Fungsi Integrasi

0 comments

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh mengatakan, kebijakan mengenai Ujian Nasional (UN) tidak hanya merupakan kebijakan untuk mengevaluasi dan melakukan pemetaan, tetapi juga memiliki fungsi integrasi.

Ia menjelaskan, setidaknya ada empat fungsi integrasi dalam kebijakan UN. Pertama, integrasi vertikal. Pada fungsi ini, seluruh jenjang pendidikan memiliki keberlanjutan, dan UN menjadi salah satu paspor untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi.

Kedua, kata dia, mengenai fungsi integrasi sosial. Seperti diketahui, setelah ditetapkan Peraturan Pemerintah No 66/2010 yang mengatur perguruan tinggi untuk menampung 20 persen anak-anak tidak mampu.

"UN ini dalam konteks satu kebijakan yang kita sebut dengan kebijakan integrasi. Bukan hanya evaluasi, pemetaan, tetapi juga integrasi," kata Nuh, dalam rapat kerja bersama Komisi X, DPR RI di Jakarta, Senin (30/1/2012).

Fungsi integrasi yang ketiga adalah integrasi kewilayahan. Dimana telah diatur jika perguruan tinggi dilarang melakukan tes secara mandiri, dalam arti dilakukan melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) sebanyak 60 persen.

"Jadi, pada saat yang sama seluruh siswa mengerjakan soal yang sama," ujarnya.

Terakhir adalah integrasi yang berbasis pada kompetensi (kualifikasi). Seperti diatur dalam Peraturan Presiden (Perpres) No 8/2012 yang baru saja disahkan bahwa berbagai disiplin kompetensi bisa distandarkan menjadi satu kesatuan.

"Kita ingin urusan UN itu urusan jujur dan berprestasi. Segera akan kita sosialisasikan mengenai jujur dan berprestasi sehingga kebocoran dan penyimpangan lainnya bisa kami antisipasi sejak awal," ujarnya.

UN untuk tingkat SMA/MA akan digelar pada 16-19 April 2012, dan UN susulan akan dilaksanakan pada 23-26 April. Untuk jenjang SMP/MTs dan SMPLB, UN akan dilaksanakan pada 23-26 April 2012, dan UN susulan akan berlangsung pada 30- 4 Mei 2012.

Untuk jenjang SD/MI/SDLB UN akan digelar pada 7-9 Mei 2012, dan UN susulan akan dilaksanakan pada 14-16 Mei 2012.

Sementara itu, pengumuman hasil UN tingkat SMA/MA dan SMK hasil UN akan digelar pada 24 Mei 2012. Tingkat SMP/MTs, SMPLB dan SMALB pada 2 Juni 2012. Adapun, untuk pengumuman kelulusan UN tingkat SD menjadi kewenangan masing-masing provinsi.

Related Articles:

Leave a Reply

Arsip Website

 
UN SD © 2011 - 2016 Schools Directory & World Sharings. Supported by Info Online

Thanks for All friends