Thursday, March 29, 2012

Para Guru SD Meracik Soal UN SD di Sumut

0 comments

Meski pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tingkat Sekolah Dasar (SD) sederajat baru akan berlangsung pada pada 7-9 Mei 2012 mendatang, tapi persiapan telah dilakukan Dinas Pendidikan Sumatera Utara (Disdiksu).

Dalam pengadaan soal UN, Disdiksu mengundang 117 guru SD, Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan Sekolah Dasar Luar Biasa (SDLB) dari 33 kabapaten dan kota di Sumut untuk meracik soal UN 2012. Peracikan soal UN SD sederajat itu dilaksanakan sejak 16-22 Maret di Hotel Garuda Plaza Medan. Dalam pertemuan tersebut para guru membahas pengadaan soal 75 persen dilakukan disdik propinsi dan 25 persen dari pusat.

Ketua Panitia UN Provinsi Sumut Hendrik Siregar menjelaskan, dalam meracik soal itu, 117 guru tersebut dibagi empat kelompok yang tiap kelompoknya diikuti 3 peserta untuk menyusun penulisan soal UN, masing-masing mata pelajaran matematika, Bahasa Indonesia dan IPA.

Hasil penulisan soal UN ini selanjutnya akan direview kembali oleh tim dari Universitas Negeri Medan (Unimed) sebanyak 6 orang dan guru senior 6 orang . ”Hasil review itu selanjutnya akan diserahkan paling lambat akhir Maret ini kepada Kadisdiksu untuk disimpan dan diserahkan kepada pemenang tender UN SD/MI/SDLB,” ujar Hendrik. Disebutkannya, dari 117 guru itu di antaranya 66 guru SD dan 33 guru MI d serta 18 guru SDLB.
Kadisdiksu Drs Syaiful Syafri MM pada pembukaan pelatihan dan pengadaan naskah soal UN Jumat (16/3) berharap para peserta penulisan soal UN SD/MI dan SDLB menjaga kerahasiaan agar tidak bocor sebelum ujian dilaksanakan

”Jaga rahasia soal UN ini. Jika ada disebutkan naskah soal bocor nantinya, maka itu berasal dari guru yang dipercaya meracik soal, apalagi para peserta telah membuat surat pernyataan untuk tidak membocorkan soal kepada siapapun,” ungkap Syaiful.

Untuk itu kepada seluruh peserta, Syaiful menegaskan agar menjaga kepercayaan yang telah diberikan dan diamanahkan serta tetap menjaga institusi Dinas Pendidikan Provinsi Sumut selaku panitia UN ini.

Pada pertemuan itu pula, Syaiful mengucapkan terima kasih atas dukungan dan perhatian yang diberikan peserta yang telah meninggalkan keluarganya selama mengikuti kegiatan penulisan soal UN yang menjalani masa karantina ”Semua yang menjadi peserta pada kegiatan ini merupakan orang pilihan. Jadi jaga institusi kita. Siapa lagi yang menjaganya jika bukan kita,” tambahnya.

Hadir pada kegiatan itu Sekretaris Disdiksu Bahauddin Manik, Sekretaris panitia Latifah Hanum Daulay, Muhammad Najib SE, Syahril Umar dan lainnya. Jadwal pelaksanaan UN SD pada 7-9 Mei, sedangkan tingkat SMA/MA/SMK dan SMALB dilaksanakan pada 16-19 April 2011 dan SMP/MTs dan SMPLB pada 3-26 April 2012. Peserta UN yang berhalangan pada hari pelaksanaan UN, boleh mengikuti ujia susulan eminggu setelah ujian utama.

Related Articles:

Leave a Reply

Arsip Website

 
UN SD © 2011 Schools Directory & World Sharings. Supported by Google docs viewer

Thanks for All friends