Saturday, June 2, 2012

Pengumuman Kelulusan UN SD 2012

0 comments

Pengumuman Kelulusan UN SD 2012 merupakan kewenangan daerah. Pada saat Grand Launching Ujian Nasional 2012 dikatakan bahwa Menteri Nuh menegaskan bahwa pengumuman kelulusan UN tingkat SD menjadi kewenangan setiap provinsi. Sedangkan untuk Hasil UN tingkat SMA/MA dan SMK akan diumumkan pada 24 Mei 2012. Tingkat SMP/MTs, SMPLB dan SMALB pada 2 Juni 2012. Sama halnya seperti penentuan standar kelulusan UN yang sepenuhnya diserahkan kepada masing-masing sekolah dan pemerintah daerah.

Anggota BSNP Indonesia Teuku Ramli Zakaria menjelaskan, diberikannya keleluasaan lebih kepada daerah untuk membuat soal UN SD merupakan bentuk kepercayaan pemerintah pusat melibatkan daerah dalam rangka program wajib belajar sembilan tahun. Alasan pertamanya adalah dalam rangka wajib belajar sembilan tahun," kata Ramli.
Selanjutnya, kata Ramli, 25 persen soal yang dibuat oleh pemerintah pusat merupakan soal inti. Jatah 75 persen yang dimiliki oleh daerah dapat dikembangkan dengan mengacu pada soal inti dan karakteristik masing-masing daerah. Team Bsnp membuat soal inti sebanyak 25 persen. Itu sebagai anchor, kesempatan diberikan kepada daerah untuk mengembangkan agar sesuai dengan kisi-kisi, dan karakteristik daerahnya. Untuk tahun 2012 Pengumuman Kelulusan UN SD menjadi variatif jadwalnya sebab disesuaikan dengan kewenangan di daerah masing-masing (Pemda/Dinas Pendidikan). Semoga kelulusan UN SD tahun 2012 hasilnya lebih baik lagi dari tahun-tahun sebelumnya. Amin Yaa Rabbal Alamin!

Related Articles:

Leave a Reply

Arsip Website

 
UN SD © 2011 Schools Directory & World Sharings. Supported by Google docs viewer

Thanks for All friends