Saturday, September 15, 2012

Download Kisi-kisi UN

1 comments

Kisi-kisi Ujian Nasional (UN) merupakan panduan yang diperlukan oleh para peserta UN dan para pembimbingnya. Panduan itu mendeskripsikan standar kompetensi lulusan (SKL) UN untuk setiap jenjang / satuan pendidikan. Disamping itu dalam kisi-kisi juga terdapat gambaran umum bentuk / jenis soal yang akan diujikan dalam UN, baik untuk tingkat pendidikan dasar ataupun menengah.

Dengan berbekal kisi-kisi soal UN ini, para guru maupun siswa bisa fokus dalam belajar. Pada guru diharapkan bisa membuat soal-soal latihan menjelang UN melalui kisi-kisi tersebut.

Berikut kami sampaikan kisi-kisi UN Lengkap, yang terdiri dari Kisi-kisi UN tahun 2011, dan tahun 2012.

Download Kisi-kisi UN



Kisi-kisi UN 2011




  1. Download Kisi-kisi UN SD / MI

  2. Download Kisi-kisi UN SMP / MTs, UN SMK, dan UN SMA / MA

  3. Download Kisi-kisi UN Paket



Kisi-kisi UN 2012




  1. Download Kisi-kisi UN SD / MI

  2. Download Kisi-kisi UN SMP / MTs, UN SMK, dan UN SMA / MA

  3. Download Kisi-kisi UN Paket




Kisi-kisi tahun 2013 belum kami publish. Draft kisi-kisi UN 2013 baru diselesaikan oleh Kemdikbud Indonesia. Draf kisi-kisi soal itu harus lebih dulu dilaporkan ke Badan Standarisasi Nasional Pendidikan (BSNP). Setelah mendapat pengesahan dari BSNP, baru kisi-kisi ini dilansir atau disebarkan ke masyarakat. Sehingga bisa dimanfaatkan para guru dan siswa jelang menghadapi UN tahun depan.

Menurut Pemerintah kisi-kisi dikeluarkan bulan Oktober. Lebih cepat dibandingkan kisi-kisi UN 2012 yang dipublish sekitar akhir November 2011.

Menurut penjelasan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Kabalitbang) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Khairil Anwar Notodiputro bahwa kisi-kisi soal UN ini bukan disebarkan ke masyarakat dalam bentuk butir-butir soal ujian layaknya seperti di lembar soal unas. Sebaliknya, kisi-kisi ini disebar ke masyakarat dalam bentuk uraian. Contohnya untuk mata pelajaran matematika, ada kisi-kisi yang bunyinya mencari akar persamaan kuadrat.

Kemdikbud menghimbau masyarakat tidak tertipu dengan potensi praktek-praktek kejahatan. Misalnya, ada pihak yang mengaku memiliki butir-butir soal yang tingkat kemiripannya dengan soal UN mencapai 75 persen atau bahkan 100 persen. Praktek ini tentu tidak benar, sebab sampai saat ini pemerintah belum menyusun butir-butir soal UN.

Kisi-kisi soal UN yang disebar ke masyarakat nantinya juga menjadi dasar bagi tim pembuat soal. Saat menyiapkan butir-butir soal UN, seluruh anggota tim pembuat soal nantinya wajib merujuk pada kisi-kisi soal UN tersebut.

Related Articles:

One Response so far.

  1. TERIMAKASIH BANYAK KISI2 NYA SANGAT BERMANFAAT

Leave a Reply

Arsip Website

 
UN SD © 2011 - 2016 Schools Directory & World Sharings. Supported by Info Online

Thanks for All friends