Friday, September 21, 2012

POS UN

1 comments

POS UN merupakan Prosedur Operasi Standar Ujian Nasional, biasanya tercantum dalam Lampiran Peraturan BSNP. POS Ujian Nasional merupakan acuan dalam penyelenggaraan Ujian Nasional Sekolah Dasar, Madrasah Ibtidaiyah, dan Sekolah Dasar Luar Biasa, Ujian Nasional Sekolah Menengah Pertama, Madrasah Tsanawiyah, Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa, Sekolah Menengah Atas, Madrasah Aliyah, Sekolah Menengah Atas Luar Biasa, dan Sekolah Menengah Kejuruan. Salah satu hal yang diatur dalam POS UN adalah Penyelenggaraan UN. Ditentukan dalam peraturan ini bahwa penyelenggara UN adalah Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Agama, Kementerian Dalam Negeri, Kepolisian Republik Indonesia, Perguruan Tinggi Negeri, dan Pemerintah Daerah, yang dalam pelaksanaannya terdiri atas Penyelenggara UN Tingkat Pusat, Penyelenggara UN Tingkat Provinsi, Penyelenggara UN Tingkat Kabupaten/Kota, dan Penyelenggara UN Tingkat Sekolah/Madrasah. Prosedur Operasi Standar Ujian Nasional (POS UN) tahun 2013 akan diterbitkan oleh Pemerintah sekitar bulan Oktober 2012 tampaknya tidak jauh dengan penerbitan kisi-kisi ujian nasional. Menurut Pemerintah draft kisi-kisi UN 2013 baru diselesaikan oleh Kemdikbud Indonesia. Draf kisi-kisi soal itu harus lebih dulu dilaporkan ke Badan Standarisasi Nasional Pendidikan (BSNP). Setelah mendapat pengesahan dari BSNP, baru kisi-kisi ini dilansir atau disebarkan ke masyarakat. Sehingga bisa dimanfaatkan para guru dan siswa jelang menghadapi UN tahun 2013. Berikut kami sampaikan POS UN Lengkap, yang terdiri dari POS UN tahun 2011, dan tahun 2012.

Download POS UN



POS UN 2011




  1. Download POS UN SD / MI

  2. Download POS UN SMP / MTs, UN SMK, dan UN SMA / MA

  3. Download POS UN Paket A, B, dan Paket C



POS UN 2012




  1. Download POS UN SD / MI

  2. Download POS UN SMP / MTs, UN SMK, dan UN SMA / MA

  3. Download POS UN Paket A, B, dan Paket C

Perlu kami samapaikan bahwa dalam POS UN juga dijabarkan tentang teknis Penyusunan Kisi-Kisi Soal. Penyelenggara Tingkat Pusat menyusun kisi-kisi soal berdasarkan Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) dalam Standar Isi satuan pendidikan dasar dan menengah sesuai dengan Peraturan Menteri, dengan langkah-langkah (umum) sebagai berikut:
  1. mengidentifikasi SK dan KD Mata Pelajaran dari setiap mata pelajaran yang diujikan berdasarkan SK dan KD pada Standar Isi;
  2. menyusun kisi-kisi soal UN dengan melibatkan dosen, guru, dan pakar penilaian pendidikan;
  3. melakukan validasi kisi-kisi soal UN dengan melibatkan dosen, guru, dan pakar penilaian pendidikan;
  4. menetapkan kisi-kisi soal UN yang digunakan sebagai acuan dalam penyusunan soal UN pada Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.
Semoga bermanfaat!

Related Articles:

One Response so far.

  1. POS UN 2013 kalau sudah terbit, secepatnya di posting ya.... tq

Leave a Reply

Arsip Website

 
UN SD © 2011 Schools Directory & World Sharings. Supported by Google docs viewer

Thanks for All friends