Friday, November 30, 2012

Kisi-kisi Soal Bahasa Inggris UN SMK 2013

0 comments

Bidang Studi Bahasa Inggris merupakan salah satu mata pelajaran yang diujikan dalam ujian nasional di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) untuk tahun 2013. Jumlah soal yang disajikan sekitar 50 soal yang terdiri dari soal pilihan berganda dengan 5 (lima) option ; A, B, C, D, dan E. Berikut ini kami sampaikan materi soal UN SMK 2013 mengacu pada Kisi-kisi Soal UN SMK tahun 2013 yang diberikan BSNP Indonesia.

Materi yang harus dikuasai siswa / siswi berdasarkan kisi-kisi diantaranya :

  1. Kompetensi

  2. Listening (Mendengarkan). Memahami makna dalam wacana lisan interpersonal, transaksional, monolog sederhana dan teks fungsional pendek berkaitan dengan kehidupan sehari-hari, pekerjaan dan keprofesian.

    1. Pictures

    Indikator

    1. Menentukan pernyataan lisan yang tepat tentang kegiatan yang sedang berlangsung di dalam ruangan (indoor)/di
    2. luar ruangan (outdoor) sesuai dengan gambar.
    3. Menentukan pernyataan lisan yang tepat tentang lokasi suatu benda/posisi seseorang sesuai dengan gambar.
    4. Menentukan pernyataan lisan yang tepat tentang penampilan (ciri-ciri fisik) seseorang/deskripsi benda sesuai dengan gambar.

    2.Questions/Statements-Responses

    Indikator

    1. Menentukan respons yang tepat terhadap pernyataan/pertanyaan lisan yang berisi pemberian saran/pendapat.
    2. Menentukan respons yang tepat terhadap pernyataan/pertanyaan lisan yang mengungkapkan sebuah undangan/penawaran.
    3. Menentukan respons yang tepat terhadap pernyataan/pertanyaan lisan yang berisi pemberian arah atau lokasi suatu tempat/keberadaan seseorang/kondisi suatu benda/tempat.

    3. Short Conversation

    Indikator

    1. Menentukan gambaran umum/informasi tertentu/informasi tersirat dari percakapan lisan singkat tentang kegiatan sehari-hari/kegiatan yang sedang berlangsung.
    2. Menentukan gambaran umum/informasi tertentu/informasi tersirat dari percakapan lisan singkat tentang pemesanan sesuatu/pemberitahuan tentang keadaan suatu barang.
    3. Menentukan gambaran umum/informasi tertentu/informasi tersirat dari percakapan lisan singkat tentang suatu perijinan/perjanjian.
    4. Menentukan gambaran umum/informasi tersirat dari percakapan lisan singkat tentang kegiatan masa lampau/pendapat terhadap sesuatu hal (benda/tempat/masalah).

    4. Short Talk (Monolog)

    Indikator

    1. Menentukan gambaran umum/informasi tertentu/informasi rinci/informasi tersirat dengan tepat dari monolog lisan singkat tentang proses pengerjaan/pengoperasian suatu alat/tips melakukan sesuatu.
    2. Menentukan gambaran umum/informasi tertentu/informasi rinci/informasi tersirat dengan tepat dari monolog lisan singkat berbentuk pengumuman singkat/iklan singkat/brosur suatu produk.
  3. Kompetensi

  4. Reading (Membaca). Memahami dan merespon makna dalam wacana tulis interpersonal dan transaksional, esai/monolog pendek dan teks fungsional pendek berkaitan dengan kehidupan sehari-hari, pekerjaan dan keprofesian.

    5. Error Recognition

    Indikator

    1. Menentukan kata/frasa yang salah yang terdapat dalam kalimat yang menyatakan perbandingan benda/peraturan atau penolakan.
    2. Menentukan kata/frasa yang salah yang terdapat dalam kalimat yang menyatakan deskripsi benda/tempat wh-questions.
    3. Menentukan kata/frasa yang salah yang terdapat dalam kalimat yang menyatakan deskripsi fisik seseorang (physical appearance)/benda atau profesi seseorang.
    4. Menentukan kata/frasa yang salah yang terdapat dalam kalimat yang menyatakan pengandaian/pilihan tindakan.
    5. Menentukan kata/frasa yang salah yang terdapat dalam kalimat yang menyatakan perasaan seseorang terhadap sesuatu/pendapat seseorang.

    6. Reading Comprehension

    Indikator

    1. Menentukan pikiran utama paragraf/gambaran umum atau informasi tertentu/informasi rinci/informasi tersirat atau makna kata/frasa dalam surat/memo/pesan/e-mail bersifat bisnis.
    2. Menentukan pikiran utama paragraf/gambaran umum atau informasi tertentu/informasi rinci/informasi tersirat atau makna kata/frasa dari deskripsi perusahaan/profil perusahaan.
    3. Menentukan pikiran utama paragraf/gambaran umum atau informasi tertentu/informasi rinci/informasi tersirat atau makna kata/frasa pada deskripsi pekerjaan seseorang di waktu lampau/job descriptions.
    4. Menentukan pikiran utama paragraf/gambaran umum atau informasi rinci/informasi tersirat, atau makna kata/frasa dalam sebuah teks procedure dalam bentuk a.l. manual/ resep/ petunjuk/instruksi atau iklan.
  5. Kompetensi

  6. Writing (Menulis). Mengungkapkan dan merespon makna dalam teks tulis fungsional pendek dan esai sederhana bentuk recount/news item/procedure secara akurat dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari, pekerjaan dan keprofesian.

    7. Incomplete Dialog

    Indikator

    1. Menentukan ungkapan untuk melengkapi dialog yang berisi uraian tentang suatu kemungkinan/ pemberian pendapat.
    2. Menentukan ungkapan untuk melengkapi dialog yang berisi penawaran sesuatu/perintah.
    3. Menentukan ungkapan untuk melengkapi dialog yang berisi permohonan/pemberian saran.
    4. Menentukan ungkapan untuk melengkapi dialog yang berisi uraian tentang kegiatan rutin/gerund.
    5. Menentukan ungkapan untuk melengkapi dialog yang berisi suatu pilihan atau pemesanan barang/jasa.
    6. Menentukan ungkapan untuk melengkapi dialog yang berisi perintah/permohonan/saran.
    7. Menentukan ungkapan untuk melengkapi dialog yang berisi pengandaian/penggunaan used to (kebiasaan waktu lampau).
    8. Menentukan ungkapan untuk melengkapi dialog yang berisi rencana/janji yang akan datang/question tag.
    9. Menentukan ungkapan untuk melengkapi dialog yang berisi kegiatan waktu lampau/passive voice.
    10. Menentukan ungkapan untuk melengkapi dialog yang terkait dengan kegiatan yang sedang berlangsung/present perfect tense.

    8. Cloze Test

    Indikator

    1. Menentukan kosa kata (kata kerja/kata depan/kata sifat) yang tepat untuk melengkapi teks rumpang tidak lengkap pada surat bisnis berbentuk surat lamaran kerja/memo.
    2. Menentukan kosa kata (kata kerja/kata depan/kata sifat) yang tepat untuk melengkapi teks rumpang tidak lengkap pada sebuah pengumuman/pemberitahuan.
    3. Menentukan kosa kata (kata kerja/kata depan/kata sifat) yang tepat untuk melengkapi teks rumpang tidak lengkap pada iklan/brosur singkat.
Dengan berdasarkan kisi-kisi materi / SKL UN SMK bidang Bahasa Inggris tersebut seyogyanya para guru di sekolah menengah kejuruan (SMK) senantiasa berpedoman pada materi tersebut dalam memberikan pengajarannya supaya lebih terfokus sehingga para siswa dapat mencapai keberhasilan dalam ujian nasional di tingkat SMK.

Related Articles:

Leave a Reply

Arsip Website

 
UN SD © 2011 Schools Directory & World Sharings. Supported by Google docs viewer

Thanks for All friends