Sunday, November 4, 2012

Perubahan Kurikulum Sekolah Dasar

0 comments

Perubahan kurikulum bagi Sekolah Dasar (SD) yang masih dimatangkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI memungkinkan hilangnya sejumlah mata pelajaran di satuan pendidikan SD. Hal itu dikhawatirkan akan berdampak pada guru, terutama yang mengajar mata pelajaran yang dihilangkan tersebut. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Mohammad Nuh mengatakan, sampai saat ini pihaknya belum pernah menyatakan ada mata pelajaran yang ditiadakan dalam perubahan kurikulum baru yang sedang dibahas. Namun seandainya itu terjadi, Menteri menjamin tidak bakal ada guru yang menganggur.

“Saya belum ceritakan apa yang hilang dan apa yang tambah. Tapi seandainya ada (yang hilang) dalam perubahan kurikulum, tidak ada guru yang ngangur,” kata Mohammad Nuh di Jakarta, Minggu (28/10). Beliau menjelaskan, guru SD merupakan guru kelas yang harus bisa mengajar semua mata pelajaran, kecuali untuk mata pelajaran Pendidikan Jasmani dan Agama. Namun demikian dalam perubahan kurikulum tahun ajaran 2013-2014 mendatang, semua konsekwensi telah dipertimbangkan.

“Guru SD itu kan guru kelas, jadi dia harus bisa mengajar apa saja, minus (mata pelajaran) Pendidikan Jasmani dan Agama. Oleh karena itu, konsekuensi dari kurikulum baru tentu sudah dihitung,” ujarnya. Nuh menambahkan, pembahasan kurikulum baru yang ditargetkan beres pada bulan November atau awal Desember 2012 itu juga melibatkan kalangan guru. Dengan alasan bahwa nantinya guru yang akan mengajar. Oleh karena itu, harus disosialisasikan kepada guru. Ada training dan up-grading guru,” katanya.

Ditambahkannya, ada dua faktor utama yang memengaruhi efektivitas belajar, yaitu kurikulum dan guru. Oleh karena itu, kata Mendikbud, guru harus dilibatkan dalam perbaikan kurikulum pendidikan.

Untuk diketahui, saat ini perubahan kurikulum ini masih dalam pembahasan di internal Kemendikbud. Setelah dibahas di internal Kemendikbud, perubahan kurikulum itu akan dilaporkan kepada Presiden dan Wakil Presiden. Namun sebelum diterapkan, kurikulum iu akan menjalani uji publik. Uji publik dimaksudkan agar kurikulum itu mendapatkan masukan, kritik, atau saran dari publik dan kalangan pendidik. Muhammad Nuh menargetkan uji publik atas kurikulum baru itu bisa dilakukan paling lambat awal Desember 2012

Related Articles:

Leave a Reply

Arsip Website

 
UN SD © 2011 - 2016 Schools Directory & World Sharings. Supported by Info Online

Thanks for All friends