Tuesday, December 11, 2012

Alasan Penghapusan Ujian Tulis Snmptn 2013

0 comments

Ujian tulis Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) secara resmi dihapus. Penghapusan ini memang sudah sering diwacanakan di berbagai media baik online atau offline. Penghapusan ini jelas menimbulkan kekecewaan pada siswa-siswi SMA dan atau alumni SMA/sederajat yang masih mengandalkan jalur tersebut untuk dapat meraih tujuannya kuliah di PTN harapan. Selain dampak psikis yang ditimbulkan dari penghapusan ini, secara ekonomis pun dirasakan oleh para siswa. Mereka terpaksa menggunakan jalur mandiri yang memakan biaya lebih banyak. Sudahkah pemerintah memikirkan bagaimana nasib mereka yang berasal dari keluarga yang kurang mampu? Hanya mengandalkan beasiswa saja mungkin tidak cukup. Di situs ini juga muncul beberapa komentar bahwa ia telah mempersiapkan jalur ujian tulis sejak, mungkin dengan mengikuti bimbel atau belajar di rumah.

Belum jelas alasan pemerintah memutuskan untuk menghapus ujian tulis SNMPTN. Namun dari beberapa wacana bisa disampaikan salah satu alasannya adalah demi efisiensi waktu dan anggaran, serta sebagai pelecut untuk memperkokoh nilai rapor dan nilai ujian nasional (UN) yang kredibel.

Hal ini pernah disampaikan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Djoko Santoso di Gedung Kemdikbud Selasa (13/3/2012), ia mengatakan, ke depannya calon mahasiswa tak perlu lagi melaksanakan dua kali ujian. Setelah selesai melaksanakan dan lulus UN, para siswa dapat langsung dipromosikan oleh sekolah untuk ikut SNMPTN melalui jalur undangan.

Dihapusnya ujian tulis pada SNMPTN juga dianggap lebih ekonomis dan membantu meringankan beban anggaran pendidikan. Sebab, secara otomatis tak ada lagi kebutuhan anggaran untuk mencetak naskah soal dan jawaban ujian tulis SNMPTN. Demikian info Alasan Penghapusan Ujian Tulis Snmptn 2013 yang kami olah dari berbagai sumber yang kredibel. Semoga bermanfaat!

Copyright@2012 unsd.org

Related Articles:

Leave a Reply

Arsip Website

 
UN SD © 2011 - 2016 Schools Directory & World Sharings. Supported by Info Online

Thanks for All friends