Tuesday, December 18, 2012

Peserta Snmptn 2013 Bisa Mencapai 1,5 Juta Orang

0 comments

Snmptn tahun 2013 selain pendaftarannya digratiskan juga adanya pengakuan PTN terhadap Ujian Nasional (UN) karena digunakan sebagai parameter dalam SNMPTN. Maka tak berlebihan kiranya jika Mendikbud Prof. Dr. Ir. H. Mohammad Nuh, DEA. memprediksikan bahwa peserta Snmptn 2013 bisa mencapai 1,5 Juta orang. Menurut Beliau biasanya (sekitar) 500 ribu yang daftar, diperkirakan tahun depan bisa 1,5 juta. Sehingga akses yang berkeadilan bisa ditegakkan, termasuk kalau yang tidak mampu ada bidikmisi.

Peserta UN yang bebas dari biaya ini adalah jalur undangan, karena dalam sistem SNMPTN tahun depan ujian tulis dihapuskan, dan itu berlaku untuk kuota 60 persen dari total jumlah penerimaan mahasiwa baru.

Salah satu kebijakan SNMPTN 2013 adalah bahwa 61 PTN akan menerapkan 60 persen mahasiswa baru dari total kuota keseluruhan di setiap Universitas Negeri akan diterima melalui jalur undangan. Sisanya diterima lewat tes bersama dan jalur mandiri dengan tes tertulis serta tetap membayar pendaftaran.

Mendikbud juga menekankan agar 20 persen alokasi kursi bagi mahasiswa tidak mampu di setiap fakultas, termasuk fakultas favorit seperti kedokteran (IPA) dan akuntansi (IPS) juga dipatuhi oleh PTN sebagai tanggung jawab moral yang diamanahkan Undang-undang.

Sebagai tambahan bahwa Snmptn 2013 resmi dilaunching Kemdikbud bersama panitia SNMPTN beberapa hari lalu, dimana terdapat 2 (dua) terobosan baru yang dihasilkan, pertama, adanya pengakuan PTN terhadap Ujian Nasional (UN) karena digunakan sebagai parameter dalam SNMPTN. Kedua, pada tahun 2013 itu pendaftaran tidak dipungut biaya alias gratis sesuai amanah UU 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi. Disamping itu Snmptn 2013 diintegrasikan dengan beasiswa bidikmisi.

Sumber : Jawa Pos

Related Articles:

Leave a Reply

Arsip Website

 
UN SD © 2011 - 2016 Schools Directory & World Sharings. Supported by Info Online

Thanks for All friends