Saturday, January 19, 2013

Latihan Soal Bahasa Arab UN 2013

0 comments

Soal ujian nasional Bahasa Arab dibuat sekitar 50 soal, dengan alokasi waktu pengerjaan sekitar 120 menit. Latihan ujian ini diperuntukkan bagi siswa/siswi peserta UN SMA jurusan Bahasa, namun patut diketahui bahwa tidak semua bahasa asing harus diikuti ujiannya, karena tergantung pilihan siswa/siswi. Materi UN yang dianggap penting menurut kisi-kisi pembuatan soal diantaranya materi wacana tulis berbentuk paparan atau dialog sederhana, gambar, ataupun denah yang berkaitan dengan identitas diri, kehidupan sekolah, keluarga, kegiatan sehari-hari, kegemaran, wisata, pekerjaan, dan layanan umum.

Di jenjang pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA) / Madrasah Aliyah (MA), jumlah pilihan berganda dalam soal adalah 5 (lima) option A, B, C, D, dan E. Latihan soal Bahasa Arab UN 2013 ini penting artinya karena untuk mempersiapkan para siswa dalam sukses ujian nasional tahun 2013.

Untuk Latihan Soal Bahasa Arab UN 2013, kami akan menyampaikan materi-materi penting berdasarkan kisi-kisi UN Bahasa Arab. Sedangkan untuk latihan beserta kunci jawabannya bisa anda download, terima kasih!

Baiklah kami sampaikan contoh materi-materi penting berdasarkan kisi-kisi UN Bahasa Arab, selamat berlatih!

Dalam kompetensi membaca siswa peserta ujian nasional harus dapat memahami wacana tulis berbentuk paparan atau dialog sederhana, gambar, ataupun denah yang berkaitan dengan identitas diri, kehidupan sekolah, keluarga, kegiatan sehari-hari, kegemaran, wisata, pekerjaan, dan layanan umum. Yang menjadi indikatornya diantaranya :

  1. Menentukan informasi tersurat dan tersirat dari bacaan sederhana yang dipaparkan.
  2. Menentukan arti kosakata dalam teks bacaan.
  3. Menentukan judul dan pokok pikiran dalam bacaan sederhana.
  4. Menentukan sinonim dan antonim kosakata sesuai konteks kalimat.
  5. Menentukan gambar yang sesuai dengan pernyataan yang diberikan.
  6. Menentukan pernyataan yang sesuai dengan gambar yang disajikan.
  7. Menentukan posisi kalimat (mubtada, khabar, fi’il, fa’il, maf’ulbih).

Dalam kompetensi menulis siswa peserta ujian nasional harus dapat mengungkapkan informasi secara tertulis dalam bentuk paparan atau dialog sederhana, gambar, ataupun denah yang yang berkaitan dengan identitas diri, kehidupan sekolah, keluarga, kegiatan sehari-hari, kegemaran, wisata, pekerjaan, dan layanan umum. Yang menjadi indikatornya diantaranya :

  1. Menggunakan ungkapan, kalimat secara tepat dan komunikatif yang mengandung huruf jarr, isim isyarah, kalimat istifham, isim mufrad/mutsanna/jama’ , fi’il madhi, mudhari dan amr, isim tafdhil, dhorof, na’at, dhomir muttasil-munfashil.
  2. Menyusun struktur/ pola kalimat yang tepat dan komunikatif dari suatu kalimat yang disajikan secara acak.
  3. Menggunakan ungkapan rasa senang dalam percakapan sederhana.



  4. Menggunakan ungkapan kekaguman (Ta’ajub) dalam percakapan sederhana.



  5. Melengkapi kalimat yang disajikan secara rumpang.
Untuk selengkapnya latihan soal bisa anda download disini, sedangkan solusinya bisa anda download disini, sukses ya :) Kami berharap latihan soal ini dapat membantu para siswa calon peserta UN 2013, dan juga bisa dijadikan setitik pencerahan bagi para pembimbing siswa dalam membuat model pengayaan ujian nasional. Amin Ya Rabbal Alamin! Copyright © 2013 Unsd.org all rights reserved

Related Articles:

Leave a Reply

Arsip Website

 
UN SD © 2011 Schools Directory & World Sharings. Supported by Google docs viewer

Thanks for All friends