Monday, January 21, 2013

Publikasi POS UN 2013 Menunggu Permen Ditandatangani

1 comments

Prosedur Operasi Standar Ujian Nasional tahun pelajaran 2012/2013 (POS UN 2013) belum dipublikasikan, menurut kami masih dimatangkan atau dibahas di lembaga BSNP / Kemdikbud. Disamping itu peraturannya pun belum ditetapkan oleh BSNP (Badan Standar Nasional Pendidikan) sebagai acuan dalam penyelenggaraan Ujian Nasional Sekolah Dasar, Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Dasar Luar Biasa, Sekolah Menengah Pertama, Madrasah Tsanawiyah, Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa, Sekolah Menengah Atas, Madrasah Aliyah, Sekolah Menengah Atas Luar Biasa, dan Sekolah Menengah Kejuruan Tahun Pelajaran 2012/2013. Kami yakin POS UN tahun 2013 akan segera dipublikasikan mengingat jadwal UN pun menurut Kepala Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP), Aman Wirartakusumah, mengatakan bahwa jadwal penyelenggaraan di setiap jenjang pendidikan baru akan dirilis secara resmi segera setelah Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh, menandatangani peraturan menteri (Permen).

Update:


Alhamdulillah Peraturan POS UN 2013 sudah diterbitkan. Untuk mengunduhnya anda bisa mengakses halaman ini, terima kasih, semoga bermanfaat!

Meski belum secara resmi dipublikasikan, beberapa materi POS UN 2013 seperti jadwal Ujian Nasional (UN) 2013 sudah ditentukan. Kepala Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP), Aman Wirartakusumah, mengatakan bahwa sesuai dengan jadwal yang telah disusun, UN 2013 akan dilangsungkan sekitar bulan April. Untuk ujian nasional SMA/MA/SMK akan digelar pada tanggal 15-18 April 2013.

Beberapa hal lainnya terkait Prosedur Operasi Standar UN 2013 memang sempat dipublikasikan, namun belum begitu jelas apakah bakal tercantum atau tidak dalam POS UN. Beberapa hal yang masih dimatangkan diantaranya :

Jadwal UN


Tentang Jadwal UN untuk sementara masih berupa gambaran umum kegiatan UN 2013. Kegiatan tersebut bisa kami deskripsikan diantaranya sebagai berikut:

Agenda Kegiatan UN 2013




No Kegiatan Tanggal
1 Jadwal UN SD/MI 6-8 Mei 2013
2 Jadwal UN SMP/MTs 22-25 April 2013
3 Jadwal UN SMA/MA 15 - 18 April 2013
5 Ujian Nasional SMK 15 - 18 April 2013


Penggunaan 20 Variasi Soal Ujian


Pemerintah berencana membuat 20 tipe soal UN pada 2013 dengan tujuan untuk mengurangi angka kecurangan, bukan untuk mencurigai siswa peserta ujian nasional. Tipe soal UN yang beragam ini diupayakan agar dapat meminimalisir bentuk kecurangan. Karenanya pemerintah, dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) mesti memperhatikan proses penyusunan tipologi soal agar tetap mementingkan kualitas dan mengindahkan azas keadilan.

Selain lebih meningkatkan soal kualitas soal, penyusunan tipologi soal juga perlu perhatian pemerintah. Manajemen evaluasi perlu diperketat, bagaimana mengevaluasi, mengapa kita perlu mengevaluasi tersebut. Harus dibuat sebuah manajeman evaluasi yang ketat dan tegas sehingga UN menjadi lebih berwibawa.

Pengawas Ruang UN


Kemdikbud pernah menyampaikan gagasan penyelenggaraan UN tanpa pengawas untuk pelaksanaan tahun 2013 setelah memastikan kebijakan 20 paket soal UN pada tahun ini. Mendikbud, Muhammad Nuh mengatakan, gagasan ini dilontarkan untuk membuktikan bahwa UN bisa berlangsung dengan baik dengan semangat kejujuran.

Pengamanan Soal Ujian Nasional 2013


Pada penyelenggaraan ujian nasional 2012, pengawasan pencetakan, dan pendistribusian naskah soal UN menjadi tanggungjawab perguruan tinggi yang ditetapkan oleh BSNP. Pengamanan naskah soal ujian nasional (UN) pada tahun ajaran 2013 oleh tim pengawasan akan lebih diperketat mulai dari pencetakan, penyimpanan, hingga distribusi ke sekolah-sekolah. Kalau sebelumnya naskah soal UN disimpan di Polsek sebelum didistribusikan ke sekolah-sekolah dan panitia sedangkan yang menjaga adalah polisi, untuk ujian nasnional tahun 2013 panitialah yang menentukan tempat penyimpanan dan polisi yang mengamankan, demikian seperti yang pernah dikatakan kata Rektor Universitas Mataram (Unram) Prof H Sunarpi PhD di Mataram, Minggu (23/12/2012).

Ia mengatakan, ini merupakan bagian dari proses pengamanan naskah soal UN yang harus dilakukan secara ketat di semua titik rawan guna mencegah terjadinya kebocoran.

Pengamanan naskah soal UN 2013 harus dilakukan sampai ke ruangan tempat berlangsungnya ujian, dan ini merupakan tanggung jawab peguruan tinggi.


Terkait dengan kurikulum 2013 Mendikbud Mohammad Nuh menyatakan pihaknya hingga kini belum merencanakan untuk mengubah ujian nasional (UN) 2013.

"UN 2013 tidak akan terpengaruh kurikulum 2013, karena kurikulum baru masih tahap awal dan pemberlakuannya juga bertahap," katanya kepada Antara setelah berbicara dalam Uji Publik Kurikulum 2013 di Surabaya, Minggu (9/12/2012).

Diolah dari berbagai sumber kredibel

Related Articles:

One Response so far.

  1. terima kasih atas infonya. sangat bermanfaat bagi madrasah kami. www.baitulmakmur.sch.id

Leave a Reply

Arsip Website

 
UN SD © 2011 Schools Directory & World Sharings. Supported by Google docs viewer

Thanks for All friends