Friday, February 15, 2013

SBMPTN 2013

0 comments

Seleksi Bersama masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dianggap sebagai seleksi pengganti Snmptn jalur ujian tulis, pasca Snmptn Tulis dihapuskan. Seleksi SBMPTN akan menggunakan tes tertulis dan tes ketrampilan sebagai sistem penilaian. Adapun teknis SBMPTN baru akan dirumuskan oleh tim panitia Ad Hoc SNMPTN pusat pada Januari 2013 dan baru akan disosialisasikan pada bulan Februari 2013. Sesuai dengan amanat Undang-undang Perguruan Tinggi, SNMPTN jalur tulis diubah namanya menjadi SBMPTN, karena tidak ditanggung lagi oleh Pemerintah. Pernyataan tersebut disampaikan Tim Humas Panitia Pusat SNMPTN 2013, Dr Dra Ismaini Zain MSi, di Surabaya.

Disamping itu sistem tes mandiri akan diberikan pada masing-masing PTN. Pada tahun ini, PTN wajib menerima minimal 60% peserta didiknya melalui SNMPTN. Sedangkan sisanya, terserah dari masing-masing PTN, dapat melalui SBMPTN maupun ujian Mandiri.

Sebagaimana diketahui bahwa ujian tulis Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) secara resmi dihapus. Dampak dari penghapusan terhadap sekolah tentu saja ada. Sekolah-sekolah yang mengetahui atau menyadari bahwa siswa-siswinya kurang kompeten, akan mendongkrak nilai- nilai anak didiknya agar bisa mendapatkan kesempatan SNMPTN undangan. Jalur undangan SNMPTN merupakan mekanisme SNMPTN berdasarkan penjaringan prestasi akademik, tanpa ujian tulis, yang ditujukan kepada SLTA atau sederajat.

Pada tahun 2013 cara masuk PTN (Perguruan Tinggi Negeri) akan tetap melalui tiga pintu yakni SNMPTN (jalur undangan / prestasi), SBMPTN (jalur tulis), dan jalur mandiri atau kemitraan. Pemerintah sudah mematok jalur SNMPTN sebanyak 50 persen dari kuota PTN yang bersangkutan, lalu jalur SBMPTN 30 persen dan jalur mandiri 20 persen. Dengan demikian, caranya tetap sama, namun ada penyesuaian dengan UU PT Nomor 12/2012.

Biaya pendaftaran untuk jalur SBMPTN tidak digratiskan, peserta diharuskan membayar biaya tes dan pelaksana akan dilakukan secara regional oleh kepanitian yang dibentuk beberapa PTN terdekat. Untuk tes ini, siswa dari dua angkatan sebelumnya (2011 dan 2012) bisa mengikutnya, lalu tes ketrampilan untuk jurusan tertentu akan dilaksanakan bersamaan dengan tes SBMPTN.

Sedangkan untuk jalur SNMPTN, biaya tes digratiskan pemerintah. Tahun lalu, biaya tes jurusan IPA atau IPS Rp150.000 per anak dan biaya tes jurusan IPC (campuran ikut IPA dan IPS) sebesar Rp175.000 per anak.

Info Awal SBMPTN 2013


  1. Seleksi penerimaan ini didasarkan pada hasil ujian tertulis dan keterampilan, seleksi ini merupakan seleksi mandiri yang dilaksanakan secara bersama-sama oleh 61 PTN.
  2. Biaya pendaftaran seleksi ditanggung oleh pendaftar.
  3. Siswa wajib membayar biaya pendaftaran melalui bank yang ditunjuk dan selanjutnya mendaftar secara online.
  4. Siswa yang dapat mendaftar adalah lulusan tahun 2011, 2012 dan yang mengikuti/akan lulus UN tahun 2013
  5. Waktu pelaksanaan setelah SNMPTN 2013 (info rinci akan disampaikan melalui sekolah masing-masing, baik dalam bentuk poster maupun undangan sosialisasi yang diselenggarakan oleh masing-masing PTN di kota setempat/terdekat)
  6. Kuota jumlah siswa yang akan diterima rata-rata sekira 40 %

Sekilas Perbandingan SBMPTN 2013 dengan Snmptn


Persyaratan Peserta

1. Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)
Mengacu pada persyaratan yang ditentukan oleh Panitia Pusat SNMPTN.
2. Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)
Mengacu pada persyaratan yang ditentukan oleh Panitia Pusat SBMPTN.

Prosedur Pendaftaran

1. Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)
Prosedur pendaftaran melalui laman http://snmptn.ac.id/.
2. Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)
Prosedur pendaftaran menunggu keputusan Panitia Pusat SBMPTN.


Mengenai kapan pendaftaran Sbmptn 2013, hal tersebut masih menunggu keputusan Panitia Pusat SBMPTN. Menurut hemat kami sebagaian panitia masih disibukkan dengan seleksi Snmptn. Patokan kita adalah tentang apa dan bagaimana SBMPTN 2013 kita menanti hasil perumusan oleh tim panitia Ad Hoc SNMPTN pusat dan disosialisasikan pada bulan Februari 2013.

SBMPTN sendiri merupakan program bersama Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI). Seleksi ini dimaksudkan untuk memberi kesempatan alumni SMA dan sekolah sederajat untuk dapat menempuh studi di PTN. Pasalnya, tahun ini SNMPTN digelar hanya melalui jalur undangan dengan mempertimbangkan nilai rapor dan ujian nasional, dan khusus diperuntukkan bagi siswa SMA kelas XII.

Tidak semua PTN ikut serta dalam SBMPTN. Tahun ini, ada 62 PTN terlibat SBMPTN. Peserta SBMPTN adalah lulusan SMA dan sekolah sederajat tahun 2011 dan 2012, serta mereka yang akan mengikuti UN tahun 2013. Selain itu, lulusan Paket C juga dapat mengikuti seleksi melalui jalur SBMPTN.

Sementara itu info yang bisa kami sampaikan. Semoga bermanfaat! Amin Ya Rabbal Alamin!

Oleh : Drs. Asep Dewan, SH dan Ir. Asep Dedi S

Sumber :
Sbmptn.web.id
Snmptn.or.id
Snmptn.ac.id
Unpad.ac.id
Ugm.ac.id
dll




Related Articles:

Leave a Reply

Arsip Website

 
UN SD © 2011 - 2016 Schools Directory & World Sharings. Supported by Info Online

Thanks for All friends