Wednesday, February 13, 2013

Soal UN 2013 Dengan Sistem Barcode

1 comments

Salah satu langkah kemajuan dari penyelenggaraan ujian nasional (UN) 2013 adalah naskah soal UN 2013 memakai sistem barcode. Menurut Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kemdikbud Khairil Anwar Notodiputro bahwa dengan penggunaan sistem barcode, para peserta ujian tidak dapat saling tukar kode soal seperti tahun lalu. Dia mengungkapkan, kalau keduanya dipisah maka peserta didik akan menjawab soal secara salah, yang tidak cocok dengan lembar jawaban ujiannya.

Oleh karena itu, dalam sosialisasi pihaknya menekankan agar jangan sampai lembar jawaban ujian tertukar. Jika lembar jawaban rusak agar minta diganti berikut soalnya. Demikian sebaliknya, kalau naskah soal rusak jangan hanya minta diganti naskah soal, harus meminta ganti naskah soal beserta LJUN. Karena merupakan satu paket dan ada kode yang saat dipindai (scan) akan ketahuan lembar LJUN mengacu soal yang mana.

Anggota Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) Teuku Ramli Zakaria menambahkan bahwa dengan barcode, peserta didik tidak perlu lagi menulis kode soal. Kode soal tidak akan sama dengan yang lain karena berdasarkan barcode. Nantinya barcode ini akan dipindai oleh alat tertentu saat jawaban UN dikoreksi. Jika mau curang dengan menukar lembar jawaban maka saat dikoreksi jawabannya tidak akan sesuai dengan soal karena ada barcode itu, demikian penegasan Teuku Ramli.

Selain penggunaan barcode dan penyatuan naskah soal dengan lembar jawaban UN, Kemdikbud juga menyiapkan 20 variasi soal pada UN tahun ini sehingga para siswa peserta bisa berkonsentrasi pada soalnya masing-masing tanpa perlu melihat pekerjaan temannya.

Sebagai tambahan bahwa dengan sistem barcode ini selain mengurangi kecurangan juga mempermudah proses data. Dengan penggunaan sistem barcode proses input data dimungkinkan lebih cepat dan lebih tepat, karena teknologi barcode dapat merekam data lebih cepat dibandingkan dengan melakukan proses input data secara manual serta mempunyai ketepatan yang tinggi dalam pencarian data.

Demikian info Soal UN dengan sistem barcode kami sampaikan, semoga bermanfaat! Amin Ya Allah Ya Rabbal Alamin!




Related Articles:

One Response so far.

  1. Sudah saatnya nilai kejujuran dikedepankan mengalahkan rasa egoisme.....20 paket soal mudah-mudahan dapat menegakkan nilai kejujuran itu. Amin...

Leave a Reply

Arsip Website

 
UN SD © 2011 - 2016 Schools Directory & World Sharings. Supported by Info Online

Thanks for All friends