Sunday, March 31, 2013

Program Bidikmisi Diperluas Bagi Pendidikan Profesi

0 comments

Bidikmisi sebagai suatu program bantuan merupakan bagian dari rencana kerja 100 Hari Menteri Pendidikan Nasional yang dicanangkan pada tahun 2010. Perguruan tinggi yang mendapat bantuan Bidikmisi yaitu perguruan tinggi di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Kementerian Agama. Pada tahun 2011 mahasiswa baru penerima Bidikmisi bertambah menjadi 30.000 di 117 perguruan tinggi negeri dengan adanya tambahan anggaran dari APBN-Perubahan. Pada tahun 2012 Bidikmisi dilanjutkan dikembangkan menjadi 30.000 calon mahasiswa penerima yang diselenggarakan di 87 perguruan tinggi negeri dibawah Kemdikbud dan program Bidikmisi yang dikelola oleh Kementerian Agama.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh menyatakan program beasiswa Bidikmisi untuk mahasiswa perguruan tinggi pada 2014 akan diperluas mencakup program pendidikan profesi.

"Ada yang baru dalam Bidikmisi. Tahun depan akan dialokasikan hingga program profesi," kata Mendikbud di selah-selah sarasehan dengan mahasiswa penerima beasiswa Bidikmisi Universitas Negeri Semarang (Unnes) di Semarang, Sabtu (30/3).

Mendikbud mencontohkan, mahasiswa lulusan fakultas kedokteran tentunya membutuhkan kelanjutan pendidikan program profesi untuk menjadi seorang dokter. Untuk itu, pendidikan profesi mereka juga akan difasilitasi dengan beasiswa Bidik misi, terutama bagi mahasiswa dari keluarga yang tidak mampu.



"Lulusan fakultas kedokteran, kan gelarnya S.ked. Belum boleh nyuntik, perlu melanjutkan program profesi dokter. Program profesi seperti inilah yang nantinya juga dialokasikan beasiswa Bidikmisi," kata M. Nuh.

Demikian pula dengan lulusan fakultas pendidikan yang menjadi calon guru, kata dia, tidak bisa mengajar sebelum mengikuti sertifikasi dan program profesi guru sehingga akan difasilitasi Bidikmisi.

Bidikmisi merupakan salah satu program afirmatif yang tertuang dalam Undang-Undang Pendidikan Tinggi. Dengan demikian, nantinya tidak lagi tergantung menteri atau siapa pun karena sudah menjadi amanat perundangan.

Nuh mengatakan, tahun ini dialokasikan sebanyak 50 ribu beasiswa Bidikmisi untuk angkatan baru. “Mudah-mudahan dengan anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) perubahan, alokasinya bisa ditambah," katanya.

Dengan ditambahnya alokasi beasiswa Bidikmisi sebanyak 50 ribu penerima tahun pada tahun 2013, maka hingga sampai saat ini sudah ada sekitar 142 ribu mahasiswa yang telah mendapatkan beasiswa Bidikmisi. Ia menyebutkan pemerintah akan mengalokasikan anggaran sebesar Rp1,4 triliun untuk beasiswa Bidikmisi tahun ini. Beasisiwa ini akan dialokasikan kepada mahasiswa berbagai perguruan tinggi yang tidak mampu tetapi memiliki prestasi akademik.

Sumber: kemdikbud



Related Articles:

Leave a Reply

Arsip Website

 
UN SD © 2011 - 2016 Schools Directory & World Sharings. Supported by Info Online

Thanks for All friends