Saturday, April 6, 2013

Cara Mudah Sukses Ujian Nasional 2013

0 comments

Bulan April dan Mei merupakan bulannya ujian nasional bagi beberapa jenjang sekolah di Tanah Air. Pagelaran ujian nasional (UN) tahun pelajaran 2012/2013 akan dimulai sekitar 8 hari lagi yakni tanggal 15 April yang ditandai dengan gelaran UN di tingkat SMA/MA/SMK/sederajat. Berbagai bentuk persiapan selayaknya dilakukan para siswa agar dapat lulus pada UN 2013. Berikut kami sampaikan cara-cara simpel untuk lulus ujian nasional dengan hasil yang baik.

Pertama, menghafal materi ujian nasional sesuai kisi-kisi yang diberikan oleh BSNP. Namun cara belajar dengan menghafal materi saja tidak cukup ampuh untuk menaklukkan soal UN yang nanti diujikan. Selain itu kami sarankan :

Kedua, siswa harus sering berlatih soal sesuai kisi-kisi UN yang ada sehingga memudahkan saat menjawab soal pada ujian sebenarnya. Cara ini banyak medianya, bisa lewat buku kumpulan latihan soal atau lewat portal yang menawarkan latihan soal UN atau dari bimbel juga bisa. Pilihlah buku kumpulan soal atau portal yang sesuai kisi-kisi UN resmi dan bisa digunakan untuk mengukur kemampuan dari jawaban soal yang ada. Banyaknya melakukan latihan soal jelang ujian itu terbukti mampu meningkatkan jembatan memori dalam otak. Yang artinya, makin sering seorang siswa berlatih soal UN, maka ingatan tentang soal UN dan bagaimana menjawabnya, juga bagaimana menganalisis kesalahannya akan terbentuk.

Tidak hanya itu, latihan soal ini juga bermanfaat bagi para guru. Pasalnya, guru dapat memetakan nilai siswa dan fokus pada siswa yang masih tertinggal.

Latihan soal ini juga bisa dipergunakan untuk memprediksi angka kelulusan sebuah sekolah, mengevaluasi kegiatan belajar mengajar (KBM), membuat strategi pembelajaran baru bagi siswa, serta dapat digunakan orangtua untuk memprediksi kemampuan anak.

Selain itu perlu juga kita pikirkan bahwa UN bukan hanya urusan kelulusan. Mendikbud M Nuh pada tahun 2012 pernah menjelaskan :
UN harus jujur karena UN bukan hanya urusan kelulusan, tapi merupakan media untuk membangun karakter. Kalau ujian saja nyontek, kalau sudah besar pasti korup.

Menurut Menteri ada dua faktor ketidaklulusan siswa dalam Ujian Nasional (UN). Nilai rata-rata yang di bawah 5,5 dan atau salah satu atau lebih nilai mata pelajaran bernilai kurang dari empat. Dari pemetaan hasil UN, diketahui sebanyak 5301 siswa atau 69,94 persen dari total ketidaklulusan adalah dikarenakan rata-ratanya tidak mencapai 5,5. Sedangkan 30,06 persen atau 2.278 siswa lainnya dikarenakan ada satu atau lebih mata pelajaran yang kurang dari 4.
Selamat dan sukses ujian nasional 2013, semoga bermanfaat! Amin Ya Rabbal Alamin!

Copyright © 2013 Unsd.org all rights reserved


Related Articles:

Leave a Reply

Arsip Website

 
UN SD © 2011 - 2016 Schools Directory & World Sharings. Supported by Info Online

Thanks for All friends