Saturday, May 18, 2013

Kegiatan Pendaftaran Sbmptn 2013 Perlu Ketelitian

0 comments

Kegiatan Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2013 telah berlangsung sekitar 5 hari semenjak pukul 08.00 WIB pagi tangal 13 Mei. Pendaftaran online seleksi PTN nasional ini berlasung di laman panitia Sbmptn yaitu sbmptn.or.id atau subdomainnya ujian.sbmptn.or.id.

Walaupun registrasi Sbmptn digelar secara daring, namun tidak sepenuhnya online. Karena para calon peserta sebelumnya harus melakukan pembayaran biaya Sbmptn di Bank yang ditunjuk oleh panitia. Para peserta tetap harus antre, seperti yang terjadi di Indonesia bagian Timur di Unhas dan Universitas Negeri Makassar (UNM), Sulawesi Selatan hingga hari kedua Selasa (14/5) masih terlihat antre di bank mitra kampus tersebut.

Namun untungnya, antrean berjalan dengan tertib. Mereka perlu melaksanakana kegiatan tersebut karena proses pendaftaran dengan terlebih dahulu mengambil Personal Identifikasi Number (PIN) untuk login pendaftaran secara online bisa dilakukan di autlet Bank Mandiri di manapun. Hal ini membuat peserta tidak terkonsentrasi pada satu tempat saja. Melainkan bisa memilih tempat lain yang dianggap paling dekat dengan tempat domisilnya.

Kepala Bagian Humas Unhas, Iqbal Sultan mengatakan model seleksi Sbmptn memang diterapkan untuk menjawab tuntutan dunia pendidikan dalam hal seleksi masuk. Selain itu, kata dia, akan mengubah kondisi yang selama ini sering terjadi penumpukan peserta menjadi lebih terakomodasi. Apalagi, dengan bekerja sama dengan perbankan, maka pekerjaan dalam penerimaan mahasiswa menjadi lebih ringan karena peserta tinggal berhubungan dengan bank.

Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) bagi mahasiswa baru tahun 2013 melalui jalur tes tertulis dimulai menyediakan kuota sekitar 90.000 kursi di berbagai program studi di 62 PTN yang tersebar di 4 (empat) wilayah Sbmptn di Indonesia.

Apabila calon peserta sudah mendapatkan data dari Bank, selanjutnya silakan akses laman ujian.sbmptn.or.id. Di laman Pendaftaran Online Sbmptn 2013 tersebut anda harus mengisi sekitar 3 kolom isian yang terdiri dari Kode Akses Pendaftaran (KAP), PIN, dan memasukkan rangkaian huruf di atas Captcha. Dalam pengisian Captcha agar difahami bahwa penulisan huruf besar dan huruf kecil sama saja (case insensitive) dan tidak ada angka.

Mohon dipastikan oleh para peserta dalam melakukan pendaftaran hal-hal sebagai berikut :

  1. Fitur Javascript pada browser harus diaktifkan
  2. Fitur Cookies pada browser harus diaktifkan
  3. Jika meninggalkan komputer atau diganti oleh pengguna lain, pastikan anda sudah keluar dengan cara menekan tombol "Keluar" yang tersedia
  4. Bagi peserta Bidikmisi, KAP dan PIN yang dimasukkan harus sesuai dengan yang tercetak di Kartu Peserta Bidikmisi
  5. Bagi bukan peserta Bidikmisi, KAP dan PIN yang dimasukkan harus sesuai dengan yang tercetak pada Bukti Pembayaran dari Bank
  6. Hati-hati dalam mengisi pendaftaran online ini
  7. Kesalahan pengisian dapat berakibat anda harus membayar biaya ujian lagi
  8. Jika KAP dan/atau PIN yang tercetak pada bukti pembayaran salah, segera hubungi Bank Mandiri terdekat
  9. Apabila ada hal-hal yang kurang jelas tentang pendaftaran online ini, dapat menghubungi Help Desk SBMPTN 2013 di alamat http://halo.sbmptn.or.id atau nomor telepon 0804-1-456-456


Ketua Panitia SBMPTN 2013, Prof. DR. Akhmaloka mengatakan, panitia melakukan beberapa perubahan terutama terkait nama kelompok jurusan. Jika tahun lalu panitia membuka kelompok IPA, IPS, dan Campuran, tahun ini berubah nama menjadi Sosial Humaniora (Soshum), Sain dan Teknologi (Saintek), dan Campuran. Calon mahasiswa bisa memilih maksimal tiga program studi.

Pengumuman hasil kelulusan ujian Sbmptn rencananya akan dilaksanakan pada 12 Juli 2013 yang akan digelar secara online pukul 17:00 WIB dan melalui media cetak pada tanggal 13 Juli 2013. Adapun siswa yang bisa mendaftarkan diri yakni siswa lulusan SMA/MA/SMK sederajat dan lulusan program paket C tahun 2011 dan 2012 serta siswa pemegang surat keterangan hasil UN SLTA/setara (lulusan) tahun 2013. Khusus untuk lulusan tahun 2012/2013, kelulusan ujian nasional mereka akan menentukan apakah mereka diterima atau tidak.

Apabila anda punya kesulitan terkait Pendaftaran Sbmptn, Panitia membuka Call Center SBMPTN dengan no. 0804-1-456-456, keluhan anda akan dilayani setiap hari pukul 09.00 - 16.00 WIB, dengan ketentuan Jam istirahat panitia pelayanan adalah pukul 12.00 - 13.00 WIB siang hari.


Semoga info Pendaftaran Sbmptn 2013 Online dapat membantu para calon peserta Sbmptn dan pihak-pihak yang terkait seleksi Sbmptn 2013, semoga bermanfaat! Amin Ya Allah Rabbal Alamin!

Sumber :
- Sbmptn (sbmptn.or.id)
- Team Sbmptn.web.id




Related Articles:

Leave a Reply

Arsip Website

 
UN SD © 2011 - 2016 Schools Directory & World Sharings. Supported by Info Online

Thanks for All friends