Saturday, May 18, 2013

Jadwal Pengumuman Kelulusan Ujian Nasional 2013

0 comments

Pengumunan Ujian Nasional Tahun pelajaran 2012/2013 sekitar 6 hari lagi. Hasil evaluasi tahunan untuk hasil pendidikan di jenjang pendidikan dasar dan menengah tersebut, ditandai dengan pengumuman UN SMA/MA/SMK/sederajat yang dijadwalkan oleh Pemerintah pada tanggal 24 Mei 2013. Sedangkan Jadwal Pengumuman Ujian Nasional untuk tingkat SMP/MTs sederajat dijadwalkan tanggal 1 Juni 2013. Adapun mengenai kelulusan ujian nasional SD/MI dalam POS UN diatur, katanya paling lambat 8 Juni.

Ketentuan kelulusan UN SD/MI tersebut dapat dipahami karena dalam ujian nasional Sekolah Dasar / Madrasah Ibtidaiyah, Pemerintah daerah berperan besar. Sehingga pengumuman kelulusannya selain diselenggarakan di satuan pendidikan, juga bisa berbeda untuk tiap daerahnya di Indonesia.

Mengenai wacana kemungkinan mundurnya hasil pengumuman, sebenarnya tidak perlu kita perdebatkan lagi. Pihak Pemerintah memalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) telah berulangkali menegaskan bahwa Pengumuman Ujian Nasional tetap pada jadwal semula, dengan demikian tidak ada perubahan walaupun Jadwal UN di tingkat SMA ada perbedaan.

Berikut kami sampaikan info Jadwal Pengumuman UN 2013, semoga sukses!


Jadwal Pengumuman


No.Jenjang Jadwal Pengumuman
1 SMA/MA/SMK 24 Mei 2013
2 SMP/MTs 1 Juni 2013
3 SD/MI 8 Juni 2013
4 Program Paket *)


*) Keterangan:
- Pengumuman hasil kelulusan UN Paket C setara SMA/MA sekitar tanggal 24 Mei 2013
- Pengumuman hasil kelulusan UN Paket B setara SMP/MTs sekitar tanggal 1 Juni 2013
- Pengumuman hasil kelulusan UN Paket A setara SD/MI sekitar tanggal 8 Juni 2013

Dalam hal sosialisasi pengumuman, Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mempunyai peranan penting dalam pengumuman pelaksanaan hasil ujian nasional (UN) tahun 2013. Walaupun ada wacana akan ada perubahan pengelola Puspendik, Oleh karena itu, Kemdikbud tetap mempertahankan Puspendik sampai pengumuman hasil UN keluar. Hal ini terkait dengan sudah keluarnya hasil investigasi mundurnya pelaksanaan UN.

Menurut Mendikbud Mohammad Nuh kalau Puspendik harus diberhentikan sebelum hasil UN keluar, lalu siapa yang mengambil alih di dalam penilaian itu?" Oleh karena itu, lanjutnya, pemberian sanksi tersebut juga harus disituasikan. Karena, bila mengalami pengunduran pengumuman hasil UN, maka akan berdampak sistemik. Rentetan masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) pun menjadi kacau, bahkan mereka yang akan melanjutkan pendidikannya ke luar negeri juga akan terkena imbasnya.


Demikian info Jadwal Pengumuman UN 2013 kami sampaikan, semoga bermanfaat! Amin Ya Allah Rabbal Alamin!

Sumber:
- Kemdikbud
- pengumumanun.com




Related Articles:

Leave a Reply

Arsip Website

 
UN SD © 2011 Schools Directory & World Sharings. Supported by Google docs viewer

Thanks for All friends