Tuesday, November 25, 2014

SK Kisi-Kisi UN dan Permendikbud untuk pelaksanaan UN tahun 2015

0 comments

Penyelenggaraan Ujian Nasional (UN) dan juga Ujian Sekolah (US), selalu jadi bahan perbincangan baik pro maupun kontra. Padahal menurut kami Ujian Nasional (UN) dan juga Ujian Sekolah (US) adalah baik bahkan sangat baik yang berguna untuk mengevaluasi hasil pendidikan di Tanah Air.

Sejalan dengan itu untuk meyakinkan kita semua bahwa Ujian Nasional (UN) dan juga Ujian Sekolah (US) tahun 2015 akan digelar kembali, pertama-tama kami sampaikan Surat Keputusan (SK) tentang Kisi-Kisi Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2014-2015 yang diterbitkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP).

Pihak Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) merilis di situsnya bahwa "sehubungan dengan telah di tetapkannya SK BSNP tentang Kisi-Kisi Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2014-2015, berikut disampaikan SK beserta Kisi-Kisi UN untuk dipergunakan untuk sekolah tingkat SMP/MTs/SMPLB, SMA/MA/SMK/SMALB dan Paket A, Paket B, Paket C dan Paket C Kejuruan.

SK Kisi-Kisi UN Tahun Pelajaran 2014-2015 memuat Kisi-Kisi UN 2015, dimana kami menjabarkannya untuk calon peserta UN/US beserta pembimbingnya agar lebih memudahkan dalam mempelajarinya terutama untuk tingkat SMA/MA kami bagi kepada 4 (empat) jurusan / program.


Untuk selanjutnya ketentuan terkait pelaksanaan Ujian Nasional tahun pelajaran 2014/2015 tersebut bisa diunduh pada panduan berikut ini :


Kisi-kisi UN SMP/MTs Tahun Pelajaran 2014/2015


Untuk lebih lengkapnya tentang Kisi-kisi UN SMP/MTs Tahun Pelajaran 2014/2015 bisa diunduh disini.


Kisi-kisi UN SMA/MA Tahun Pelajaran 2014/2015



  1. Jurusan IPA | silakan unduh disini
  2. Jurusan IPS | silakan unduh disini
  3. Jurusan Bahasa | silakan unduh disini
  4. Jurusan Keagamaan | silakan unduh disini


Kisi-kisi UN SMK/MAK Tahun Pelajaran 2014/2015



Untuk lebih lengkapnya tentang Kisi-kisi UN SMK/MAK Tahun Pelajaran 2014/2015 bisa diunduh disini.


Kisi-kisi UN Paket B/Wustha (setara SMP) dan C setara SMA/MA serta Kejuruan (Setara SMK) Tahun Pelajaran 2014/2015



Untuk lebih lengkapnya tentang Kisi-kisi UN Paket B (setara SMP) dan C setara SMA/MA serta Kejuruan (Setara SMK) Tahun Pelajaran 2014/2015 bisa diunduh disini.


Dari kisi-kisi tersebut dipastikan bahwa soal-soal UN 2015 akan bersumberkan padanya. Jadi demikian pentingnya bagi calon peserta ujian nasional 2015 beserta guru pembimbingnya untuk mengunduhnya.

Selanjutnya Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) mempublikasikan Permendikbud untuk pelaksanaan UN tahun 2015. Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) merilis bahwa Pelaksanaan UN tahun 2015 akan kembali dilaksanakan. BNSP memberikan Permendikbud No 144 Tahun 2014 tentang Kriteria Kelulusan Peserta didik dari satuan Pendidikan dan Penyelenggaraan Ujian Sekolah/Madrasah/Pendidikan Kesetaran dan Ujian Nasional.

Diantara isinya adalah mengenai kriteria kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan, sebagai berikut :

Peserta didik dinyatakan lulus dari satuan pendidikan setelah:

a. menyelesaikan seluruh program pembelajaran;
b. memperoleh nilai minimal baik pada penilaian akhir untuk seluruh mata pelajaran;
c. lulus Ujian US/M/PK; dan
d. lulus UN.

(Pasal 2 Permendikbud No 144 Tahun 2014)


Juga mengenai persyaratan peserta didik mengikuti Ujian sekolah/madrasah/pendidikan kesetaraan, dan ujian nasional, sebagai berikut :


(1) Persyaratan peserta didik mengikuti Ujian S/M/PK dan UN:
a. telah atau pernah berada pada tahun terakhir pada suatu jenjang pendidikan di satuan pendidikan tertentu;
b. memiliki laporan lengkap penilaian hasil belajar pada suatu jenjang pendidikan di satuan pendidikan tertentu mulai semester I tahun pertama sampai dengan semester I tahun terakhir;
c. memiliki laporan lengkap penilaian hasil belajar pada Pendidikan Kesetaraan; dan
d. belum pernah lulus dari satuan pendidikan pada jenjang yang sama.

(2) Persyaratan peserta didik mengikuti Ujian Nasional Pendidikan Kesetaraan berasal dari Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM), Sanggar Kegiatan Belajar (SKB), Pondok Pesantren penyelenggara program Wustha, atau kelompok belajar sejenis.
(3) Ketentuan lebih lanjut mengenai persyaratan peserta didik sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dan ayat (2) diatur dalam POS Ujian S/M/PK atau POS UN yang ditetapkan oleh BSNP.
(Pasal 8 Permendikbud No 144 Tahun 2014).

Untuk selengkapnya tentang Permendikbud No 144 Tahun 2014 mengenai pelaksanaan UN tahun 2015 bisa diunduh disini.


Semoga Kisi-kisi Ujian Nasional tahun pelajaran 2014/2015 untuk jenjang pendidikan SMP/MTs, SMA/MA, SMK/MAK, dan Paket B serta C serta Peraturan Mendikbud mengenai Pelaksanaan UN 2015 dapat digunakan dengan baik. Semoga bermanfaat, Amin Ya Rabbal Alamin!



Sumber:

- BSNP
- Situs Ujian Nasional (pengumumanun.com)

Related Articles:

Leave a Reply

Arsip Website

 
UN SD © 2011 - 2016 Schools Directory & World Sharings. Supported by Info Online

Thanks for All friends